Sekarang ini banyak sekali konsumen yang beralih dari belanja secara langsung ke belanja online. Salah satu situs belanja online yang masih terbilang cukup baru adalah MatahariMall.com. Di dalam melakukan proses belanja online di situs tersebut, tentu terdapat sistem yang mengatur. Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana sistem yang ada pada situs tersebut saat seorang konsumen melakukan belanja online.
Pertama, pembeli harus terlebih dahulu membeuat akun di situs tersebut. Pembeli akan diminta mengisi data diri berupa nama lengkap dan alamat email. Kemudian setelah itu, pembeli harus mengisi keterangan lebih lanjut berupa alamat rumah dan nomor HP. Data tersebut nantinya akan masuk ke database manajemen pemasaran, jadi setiap kita melakukan pembelian, manajemen pemasaran akan secara otomatis mencatat user yang telah dimiliki.
Kemudian, pembeli bisa langsung memilih barang mana yang akan dibelinya. Dengan memilih barang, pembeli akan dibawa ke laman barang tersebut dimana dirinya akan memilih jumlah barang, dan ukuran/warna barang yang akan dibelinya dan server akan mencatat dan melihat apakah stok barang tersebut masih tersedia atau tidak. Kemudian bila pembeli berminat akan barang tersebut, pembeli bisa langsung memasukannya ke dalam trolli belanja.
Setelah pembeli selesai memilih barang, pembeli akan dibawa untuk melihat barang apa saja yang sudah dipilihnya. Pembeli bisa membatalkan apabila pembeli tidak jadi membelinya. Di laman tersebut juga pemeli bisa melihat total uang yang harus dibayarkannya nanti. Apabila pembeli sudah mengkonfimasi barang beliannya, pembeli lalu dibawa ke laman pembayaran. Di dalam laman tersebut, pembeli akan memilih metode pengiriman barang pesanannya. Pembeli dapat mengambil pesanannya sendiri di Matahari Mall di daerahnya (sistem O2O) dengan batas minimal pesanan sebanyak 2 kg atau dapat dikirim langsung ke rumah pembeli. apabila pembeli memilih metorde pengiriman langsung ke rumah, pembeli ditawarkan apakah pembeli akan menggunakan data alamat yang sudah dibuat atau menggunakan alamat baru.Setelah itu pembeli diharuskan membayar pesanan tersebut ke rekening yang sudah disediakan oleh pihak MatahariMall dengan tenggat waktu 1×24 jam. Pembeli diwajibkan melampirkan bukti pembayaran apabila pembeli sudah melakukan transfer uang. Setelah proses diatas selesai pembeli hanya perlu melihat di dalam akunnya apakah barang pesanannya sudah dikirim atau belum melalui kolom status pengiriman. Setiap melakukan pengiriman barang, pihak MatahariMall akan mengirimkan email berupa konfirmasi barang sudah dikirim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar